JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Bullying dengan Metode Behavior (Studi SMP Ibnu Hajar Boarding School Jakarta Timur)

Muhammad Muslih (Instuti Ilmu Al-Quran (IIQ) Jakarta)
Syahidah Rena (Instuti Ilmu Al-Quran (IIQ) Jakarta)
Pahrurroji Pahrurroji (Instuti Ilmu Al-Quran (IIQ) Jakarta)



Article Info

Publish Date
08 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini membutuhkan suatu metode penelitian kualitatif dengan mendapatkan suatu informasi secara mendalam melalui cara mengatasi adanya perilaku pelecehan di lingkungan sekolah. Dengan ini dapat mengumpulkan data, menggunakan teknik yakni observasi, wawancara maupun dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat menunjukkan (1) Strategi yang telah dicoba atau diterapkan oleh sekolah untuk mengurangi atau meniadakan tindakan bullying adalah dengan diberikan nasihat, orang tua dipanggil, diberikan surat perjanjian (2) Tindakan bullying yang terjadi di SMP Ibnu Hajar pada siswa kelas 8 adalah verbal bullying (Meledek dan berkata kasar, menertawakan /mengolok-olok teman, (Physical bullying) (perundungan fisik), dan penindasan sexual. (3) Proses penanganan bullying menggunakan suatu metode Behavior yang dapat melakukan empat tahapan yakni: (goal setting), (assessment), (evaluation-termination) dan (technique implementation).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...