JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Pengembangan Media English Vocabulary Card Berbasis Canva untuk Meningkatkan Kosa Kata Bahasa Inggris di Kelas V SD Negeri 105273 Helvetia

Lumbantoruan, Indriani (Unknown)
Simanjuntak, Eva Betty (Unknown)
Simbolon, Naeklan (Unknown)
Sirait, Albert Pauli (Unknown)
Usman, Khairul (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Oct 2024

Abstract

Penelitian dilaksanakan dengan tujuan yaitu untuk meningkatkan kosa kata bahasa inggris melalui media English Vocabullary Card. Penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE (Analiysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah 25 siswa kelas V SD Negeri 105273 Helvetia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji validasi materi mendapatkan skor 69 dengan persentase 92%, uji validasi media mendapatkan skor 61 dengan persentase 87% dan rata-rata validasi materi dan media adalah 89,5% dengan kategori sangat layak. Hasil kepraktisan mendapat skor 94 dengan persentase 94% dan respon peserta didik siswa kelas V SD Negeri 105273 Helvetia yaitu 90%, sehingga rata-rata praktisi dari guru dan siswa adalah 92% dengan kategori sangat praktis. Sedangkan untuk efektifitas dapat dilihat dari hasil belajar siswa sebelum dilakukan uji coba produk dengan rata-rata 44 dan setelah dilakukan uji coba produk menggunakan post-test dengan rata-rata 92 hal tersebut mengalami peningkatan sebesar 48%. Maka dapat disimpulkan media english vocabulary card berbasis canva untuk meningkatkan kosakata bahasa inggris di kelas V SD Negeri 105273 Helvetia sangat layak, sangat praktis dan efektif digunakan untuk pembelajaran kelas V SD.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...