JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Peningkatan Prestasi Belajar Matematika menggunakan Model PBL Berbantu Benda Konkret di Kelas V SDN Bayan No. 216 Surakarta

Laili, Izzatul (Unknown)
Jatmika, Surya (Unknown)
Saki, Saki (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prestasi belajar peserta didik dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning berbantu benda konkret pada kelas VA terdiri dari 12 peserta didik perempuan dan 9 peserta didik laki-laki. Penelitian ini menggunkan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 4 tahapan yaitu: perencanaan (Planning), pelaksanaan (Acting), pengamatan (Observing), dan refleksi (Reflecting). Sumber data dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VA. Jenis data yang dikumpulkan berupa data prestasi belajar peserta didik. Data tersebut diperoleh dengan metode tes. Teknik analisis data yaitu prestasi belajar peserta didik. Semua data dianalisis dan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berbantu benda konkret dapat meningkatkan prestasi belajar matematika. Pada siklus I, ketuntasan belajar sebesar 57,15% meningkat menjadi 80,95% pada siklus II. Kenaikan nilai rata-rata kelas pada siklus I sebesar 66,7 meningkat menjadi 83,6 pada siklus II.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...