Jurnal Plans : Penelitian Ilmu Manajemen dan Bisnis
Vol 15, No 1 (2020): JURNAL PLANS

PENGARUH EFEKTIVITAS STRATEGI PEMASARAN DENGAN METODE MARKETING MIX TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN GOJEK

Sinaga, Anastasia (Unknown)
Samosir, Nus Dencoco (Unknown)
Maharani3, Wasima Agita (Unknown)
Hia, Tasya Bernatha (Unknown)
Pakpahan5, Rosinta (Unknown)
Ananda, Rizki (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi dampak strategi pemasaran dengan metode bauran pemasaran terhadap kepuasan pelanggan dalam konteks Gojek, platform layanan ojek online dan pengiriman terkemuka. Penelitian ini berfokus pada komponen bauran pemasaran termasuk produk, harga, promosi, dan tempat (distribusi), serta dampak masing-masing komponen terhadap kepuasan pelanggan. Penelitian ini menunjukkan bahwa dalam konteks Gojek, efektivitas unsur bauran pemasaran yaitu produk dan tempat (distribusi) secara positif dan signifikan mempengaruhi kepuasan pelanggan. Namun harga dan promosi yang dikeluarkan tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Berdasarkan hasil Uji F dapat diketahui bahwa 42,013 > 2,46 dengan signifikansi 0.001 < 0,05. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa produk, harga, promosi, dan tempat (distribusi) secara bersama-sama (simultan) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan.Kata Kunci: Bauran Pemasaran, Produk, Harga, Promosi, dan Tempat

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

plans

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

The PLANS Journal contains from relevant management research results. Journal of PLANS is published by the Department of Management Faculty of Economics Universitas Negeri Medan which is published periodically twice a year in every May and ...