ABSTRAKPerubahan pembelajaran dari pembelajran online selama pandemic ke pembelajaran tatap muka tentu saja membutuhkan kesiapan dari peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kesiapan mahasiswa menghadapi pembelajaran tatap muka pasca pandemic covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengam metiode deskriptif. PEngumuplan data dilakukan melalui observasi dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis  dengan analisis data model interaktif (Miles and Huberman, 2007). Tahapan penelitian meliputi pengumpulan data, reduksi data, memaparkan data dan pengambilan kesimpulan. subjek penelitian 15 mahasiswa semester III dan objek penelitian adalah kesiapan mahasiswa menghadapi pembelajaran tatap muka pasca Pandemi Covid-19. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa membutuhkan kesiapan untuk menghadapi perubahan metode pembelajaran dari pembelajaran online ke pembelajaran tatap muka. Persiapan mahasiswa dalam menghadapi pembelajaran tatap muka pasca pandemic meliputi kesiapan mental, kesiapan fisik dan keterampilan manajemen waktu.Kata Kunci: Pembelajaran Tatap Muka, Kesiapan belajarABSTRACTThe purpose of this study is to analyze student readiness for face-to-face learning after the Covid-19 pandemic. This study used a case study qualitative approach with interactive model data analysis (Miles and Huberman, 2007). The stages of the research include data collection, data reduction, data presentation and conclusion. the research subjects were 15 semester III students and the object of research was the readiness of students to face face-to-face learning after the Covid-19 Pandemic. The results of the study answer the formulation of the problem that student preparation for face-to-face learning after the pandemic includes mental readiness, physical readiness and time management skills.Keywords: Face-to-Face Learning, Readiness to learn 
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023