Jambura Journal Civic Education
Vol 4, No 1 (2024): Vol.4 No.1 2024

PENANAMAN NILAI-NILAI PANCASILA MELALUI KEARIFAN LOKAL PEMBUATAN UPIYA KARANJI SEBAGAI SUMBER BELAJAR PPKN DI SMPN 6 SATAP PULUBALA KABUPATEN GORONTALO

lahabu, Ewan J (Unknown)
M. Wantu, Sastro (Unknown)
Cuga, Candra (Unknown)
Mahmud, Ramli (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2024

Abstract

Pemanfaatan kegiatan praktek pembuatan Upiya Karanji sebagai sumber belajar PPKn dan hal yang dapat dilakukan dan dapat dikembangkan dalam pembuatan Upiya Karanji sebagai sumber belajar PPKn. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus (case study) Hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa Penanaman nilai-nilai Pancasila pada pembelajaran PPKn dilakukan dengan menerapkan metode dan pendekatan pembelajaran PPKn dalam penanaman nilai-nilai Pancasila dan peran serta guru dalam pembelajaran khususnya melalui praktek kegiatan pembelajaran. Dampak dari penanaman nilai-nilai Pancasila adalah adanya peningkatan kesadaran akan nilai-nilai Pancasila (kebersamaan, kemandirian, empaty Meningkatnya rasa toleransi dan keharmonisan dilingkungan sekolah; tumbuhnya perilaku kepemimpinan dan kepedulian social pada diri peserta didik. Kecintaan terhadap nilai budaya yang membentuk nilai menghargai keberagaman budaya, kerjasama dan ketelitian serta memiliki karakter yang positif. Manfaat kegiatan praktek pembuatan Upiya Karanji sebagai sumber belajar PPKn di SMPN. Praktek pembuatan Upiya Karanji, peserta didik tidak hanya belajar tentang nilai-nilai Pancasila dalam konteks teori,  mereka juga dapat merasakan nilai-nilai tersebut dalam tindakan nyata. Ini membuka peluang bagi untuk memahami makna persatuan, keadilan, demokrasi, dan nilai-nilai lainnya dalam Pancasila dapat diwujudkan dalam aktivitas sehari-hari mereka. Pemanfaatan kearifan lokal dalam pembelajaran ini juga mempromosikan penghargaan terhadap budaya dan warisan lokal. Ini menciptakan ikatan antara nilai-nilai universal Pancasila dengan nilai-nilai budaya dan tradisi yang ada di daerah, memperkaya pemahaman peserta didik tentang pluralitas budaya Indonesia.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jacedu

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Jambura Journal Civic Education (jacedu, E-ISSN 2798-4818 and P-ISSN 2808-2249) is a peer-reviewed journal published by Civic Education Study Program, Faculty Social Sciences, Universitas Negeri Gorontalo. Jacedu provides open access to the principle that research published in this journal is freely ...