Jambura Early Childhood Education Journal
Vol 6 No 2 (2024): Jambura Early Childhood Education Journal

Menanamkan Sikap Percaya Diri Pada Anak Melalui Permainan Wayang

Winanda, Tiara (Unknown)
Sit, Masganti (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2024

Abstract

Orang-orang yang membuat perbedaan positif dalam kehidupan masyarakat dan anak-anak yang percaya diri lebih cenderung mengambil risiko dan mencapai tujuan mereka. Anak yang percaya diri adalah anak optimis yang tidak pernah meragukan kemampuannya sendiri dan tidak pernah melalaikan tanggung jawab terhadap apapun. Pentingnya mengatasi masalah rendahnya rasa percaya diri pada anak karena menghambat perkembangan dan prestasi akademisnya. Oleh karena itu, penting untuk memasukkan strategi dan media yang menarik ke dalam pendidikan anak. Di TKN Harapan Kita Desa Suka Damai, kami bertujuan untuk mengetahui bagaimana anak-anak dapat meningkatkan rasa percaya diri melalui permainan wayang, yaitu pertunjukan boneka tradisional. Penelitian tindakan kelas merupakan metode yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rasa percaya diri anak meningkat sebesar 66% pada siklus I dan 90% pada siklus II saat bermain wayang. Berdasarkan hasil evaluasi tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan mengajarkan pertunjukan wayang anak dapat meningkatkan rasa percaya diri mereka.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jecej

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jambura Early Childhood Education Journal is a journal that focuses on early childhood studies, discussing parents-child relationship, multiple intelligences, and pedagogies. This journal is published by the Education Teacher and Early Childhood Education Department, Gorontalo State University, ...