Sosiosaintika : Jurnal Ilmu-ilmu Sosial
Vol. 2 No. 1 (2024): SOSIOSAINTIKA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial

Evaluasi Implementasi Kurikulum: Studi di MTs NU Al – Hamidiyah

Rasmanah, Cici (Unknown)
Nurjamiludin, Irwan (Unknown)
Andriani, Nanu (Unknown)
Nurmalasari , Neneng (Unknown)
R, Jamiludin (Unknown)
Azzahra, Putri Ribcha (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis evaluasi terhadap implementasi kurikulum dan mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambatnya. Metodologi penelitian melibatkan observasi, wawancara, dan analisis data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi terhadap implementasi kurikulum memainkan peran krusial dalam menentukan keberhasilannya. Beberapa temuan ini antara lain implementasi kurikulum ditentukan oleh pelibatan guru, ketersediaan sumber daya, dan dukungan kepemimpinan sekolah. Penelitian ini juga mengungkapkan beberapa tantangan, seperti kurang efektifnya implementasi kurikulum dengan kebutuhan siswa atau kurangnya pelibatan siswa dalam proses pembelajaran. Implikasi temuan ini adalah perlunya perbaikan terus-menerus dalam implementasi kurikulum, didukung oleh pelatihan guru yang memadai dan pengelolaan sumber daya yang efektif. Hasil penelitian ini dapat memberikan panduan bagi pengambil kebijakan pendidikan, kepala sekolah, dan guru untuk meningkatkan efektivitas kurikulum serta meningkatkan prestasi siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sosiosaintika

Publisher

Subject

Arts Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences Other

Description

Sosiosaintika focuses on the subject of social sciences. The scope of articles published by Sosiosaintika includes studies in the fields of law, Anthropology, Sociology, Communication Studies, Economics, Education, Geography, History, Political Science, Social Psychology, and other social ...