Jurnal Edukasi
Vol. 2 No. 2 (2024): Jurnal Edukasi

Pengaruh LKPD Bermuatan STEM terhadap Pemahaman Konsep IPA Peserta Didik Kelas VI SD 2 Sungai Raya

Aisyah, Nur (Unknown)
Suriyana, Suriyana (Unknown)
Nurcahyo, Muhammad Aqmal (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep IPA. Permasalahan ini terjadi karena kurangnya bahan ajar atau pendekatan yang digunakan dalam belajar mengajar kurang sesuai pada materi yang diajarkan sehingga peserta didik kurang memahami materi yang diajarkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh LKPD bermuatan STEM terhadap pemahaman konsep IPA peserta didik kelas IV SD. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan quasi ekperimental design menggunakan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas IV A sebagai kelas eskperimen sedangkan kelas IV B sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan purvosive sampling. Instrumen penelitian menggunakan soal tes dan observasi. Data dianalisis menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji paired sampel t-test. Hasil dari pengelolahan data menunjukan data yang berdistribusi normal dan data berasal dari populasi yang homogen. Hasil dari uji paired sampel t-test menunjukan bahwa nilai sig (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa LKPD bermuatan STEM berpengaruh terhadap pemahaman konsep IPA pada materi sumber energi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

edu

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Edukasi akan mempublikasikan karya ilmiah yang mencakup tentang hasil penelitian dan kajian di bidang pendidikan seperti, teori dan praktik pembelajaran, kepemimpinan dan manajemen pendidikan, kurikulum dan teknologi pendidikan, pendidikan karakter, pendidikan keagamaan, pendidikan bahasa, ...