Jurnal Edukasi
Vol. 2 No. 3 (2024): Jurnal Edukasi

Pengembangan Media Virtual Tour Berbasis Foto 360 Derajat Tugu Khatulistiwa Untuk Pengenalan Lingkungan Sekitar Bagi Anak Usia 5-6 Tahun

Kamilia, Insan (Unknown)
Aunurrahman, Aunurrahman (Unknown)
Lukmanulhakim, Lukmanulhakim (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertuan untuk mengembangkan dan menghasilkan media virtual tour berbasis foto 360 derajat Tugu Khatulistiwa pada naka usai 5-6 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah pengembangan atau Reaserch and Development (R&D) dengam model pengembangan ADDIE yang meliputi 5 tahapan yaitu analisis (analysis), Rancangan  desain), pengembangan (development), implementasi (implementasi) dan evaluasi (evelatuation) . Pengumpulan data dilakukan dengan angket validasi ahli media dan materi, angket kepraktisan pengguna guiru dan lembar uji coba produk kepada peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tahapan pengembangan produk media virtual tour berbasis foto 360 derajat Tugu Khatulistiwa yang tervalidasi dengan kategori “Sangat Valid” berdasarkan validasi oleh ahli media dan materi. Kemudian data kepraktisan  pengguna guru dan uji coba produk kepada peserta  didik media  ini dikategorikan dengan”Sangat Valid”. Penyajian media ini dapat membantu guru dalam menjelaskan materi pembelajaran dan juga medua ini mendapatkan respon yang baik oleh peserta didik. Maka dapat disimpulkan bahwa media virtual ytour berbasis foto 360 derajat Tugu Khatulistiwa  ini dapat membantu anak usia 5-6 tahun mengenal lingkungan sekitar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

edu

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Edukasi akan mempublikasikan karya ilmiah yang mencakup tentang hasil penelitian dan kajian di bidang pendidikan seperti, teori dan praktik pembelajaran, kepemimpinan dan manajemen pendidikan, kurikulum dan teknologi pendidikan, pendidikan karakter, pendidikan keagamaan, pendidikan bahasa, ...