Jurnal Edukasi
Vol. 2 No. 4 (2024): Jurnal Edukasi

Permainan Tradisional Egrang Batok Kelapa untuk Perkembangan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun di Dusun Menjalin Hilir Kecamatan Menjalin

Ivo, Letiana (Unknown)
Miranda, Dian (Unknown)
Lukmanulhakim, Lukmanulhakim (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan permainan tradisional egrang batok kelapa untuk perkembangan sosial anak usia 5-6 tahun di Dusun Menjalin Hilir Kecamatan Menjalin. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 5 orang anak usia 5-6 tahun dan 5 masyarakat yang pernah memainkan egrang batok kelapa di Dusun Menjalin Hilir Kecamatan Menjalin. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Empati dapat dikembangkan melalui permainan tradisional egrang batok kelapa, yaitu anak mampu menunjukan perhatian kepada orang lain dan anak dapat mengerti perasaan temannya; (2) Kemurahan hati dapat dikembangkan melalui permainan tradisional egrang batok kelapa, yaitu anak mau berbagi mainan dengan yang lain, anak mau bergantian menggunakan mainan dan anak mau mengalah dengan temannya; (3) Kepedulian dapat dikembangkan melalui permainan tradisional egrang batok kelapa, yaitu anak mau menolong orang lain yang sedangkan membutuhkan pertolongan, anak dapat menghibur temannya dan anak mau berkerja sama membereskan mainan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

edu

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Edukasi akan mempublikasikan karya ilmiah yang mencakup tentang hasil penelitian dan kajian di bidang pendidikan seperti, teori dan praktik pembelajaran, kepemimpinan dan manajemen pendidikan, kurikulum dan teknologi pendidikan, pendidikan karakter, pendidikan keagamaan, pendidikan bahasa, ...