Hotel adalah suatu perusahaan yang dikelola oleh pemiliknya dengan menyediakan pelayanan makanan, minuman dan fasilitas kamar untuk tidur kepada orang-orang yang melakukan perjalanan dan mampu membayar dengan jumlah yang wajar sesuai dengan pelayanan yang diterima tanpa adanya perjanjian khusus. Dalam industri perhotelan, front office berada di garda terdepan untuk melayani tamu dan memberikan jasa terbaik dan teramah untuk pelanggan. Front office juga menjadi bagian yang ditemui oleh tamu jika mereka memiliki masalah atau membutuhkan bantuan dan informasi. Sehingga departemen front office adalah bagian yang paling penting karena mereka dapat melaporkan langsung hal yang dibutuhkan oleh tamu, hal yang mengganggu tamu, saran dan keluhan pelanggan. Penelitian ini dilatar belakangi untuk mengetahui Implementasi pelatihan kerja dalam menangani guest complaint pada front office di OS Hotel Tanjung Uncang Batam. Adapun jenis penelitian yang dilakukan adalah dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data ini menggunakan wawancara, observasi, do kumentasi, dan studi literatur. Hasil yang didapatkan bahwa Pelatihan sangat penting sebagai peningkatan kepercayaan diri dan meningkatkan kinerja Front Office sebagai awal untuk mengadapi komplen guest di Hotel OS Tanjung Uncang.
Copyrights © 2024