Nobel Community Services Journal
Vol 3 No 2 (2023): Nobel Community Services Journal

PENDAMPINGAN BRANDING UMKM MELALUI PENGEMASAN DAN STRATEGI PROMOSI PRODUK DI KABUPATEN JENEPONTO

Ilham, Bahrul Ulum (Unknown)
Firman, Ahmad (Unknown)
Dwinanda, Giri (Unknown)
Mubyl, Mutiarini (Unknown)
Latief, Fitriani (Unknown)
M.Ilham (Unknown)
Arsinta Zalzabila (Unknown)
Sri Fausiah Rahmayanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Pemberdayaan UMKM menjadi sangat strategis karena potensinya yang besar dalam menggerakkan kegiatan ekonomi sekaligus menjadi tumpuan sumber pendapatan dalam meningkatkan kesejahteraan sebagian besar masyarakat. Dengan strategi pemasaran online, seseorang menjadi lebih mudah menemukan produk-produk UMKM. Strategi promosi online juga bisa meningkatkan branding produk dan UMKM menjadi lebih terkesan profesional. Masalah yang dihadapi UMKM di Kelurahan Monro-Monro Kecamatan Binamu Kabupaten Jeneponto adalah strategi pemasaran melalui online atau e-commerce, serta bagaimana membuat label pada produk serta kemasan yang menarik bagi konsumen. Pengabdian masyarakat ini dilakukan untuk membantu para pelaku UMKM melalui tiga kegiatan yaitu identifikasi masalah, melaksanakan pelatihan dan pendampingan, serta pelaksanaan evaluasi dan monitoring. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini yaitu pelaku UMKM di desa Monro-Monro mendapatkan pemahaman mengenai branding serta pemanfaatan strategi promosi menggunakan e-commerce.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ncsj

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Nobel Community Services Journal (NCSJ) adalah jurnal berkala yang diterbitkan oleh Institut Teknologi Nobel Indonesia yang dikhususkan untuk sarana publikasi hasil Pengabdian kepada masyarakat diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Publikasi Nobel Indonesia yang bekerjasama dengan Lembaga ...