Al Jahiz: Journal of Biology Education Research
Vol 1 No 1 (2020): Al Jahiz: Journal of Biology Education Research, January-June 2020

Penerapan Model Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here Untuk Meningkatkan Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Tadris Biologi

Hakim, Nasrul (Unknown)
Setiawan, Tri Andri (Unknown)
Febriansyah, Aby (Unknown)
Huda, Nurul (Unknown)
Dewi, Evi Sinta (Unknown)
Sa'diyah, Halimah (Unknown)
Azizah, Nurul (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jun 2020

Abstract

Salah satu indikator guru professional adalah memiliki keterampilan dasar mengajar yang baik. Salah satu upaya untuk meningkatkan keterampilan dasar mengajar adalah memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mempraktekkan dalam proses pembelajaran. Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dasar mengajar mahasiswa pendidikan biologi. Penelitian ini direncanakan terdiri dari dua siklus yang masing masing siklus terdiri dari tiga pertemuan. Untuk mengukur keterampilan dasar mengajar digunakan lembar observasi yang dimodifikasi dari lembar penilaian APKG Alat Penilaian Keterampilan Guru. Hasil penelitian ini adalah penerapan model pembelajran everyone is a teacher here mampu meningkatkan keterampilan dasar mengajar. Persentase keterampilan dasar mengajar sebelum tindakan 65,2% termasuk dalam kategori cukup. Persentase skor keterampilan dasar mengajar meningkat pada siklus I menjadi 70,6% termasuk dalam kategori baik dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 77,1% termasuk dalam kategori baik.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Al-Jahiz

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Al Jahiz: Journal of Biology Education Research. Receives and publishes scientific articles from research in the field of biology education and the use of biological research in learning. Special emphasis is as follows: (1) Research on Biology / Science Learning at all levels of education. (2) Pure ...