Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 1 No. 2 (2024): February

Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Materi Bilangan dan Pengukuran Siswa Kelas II Sekolah Dasar Jakarta

Aulia, Annisa (Unknown)
Putri, Azlia Anugerah (Unknown)
Kowiyah, Kowiyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu agar dapat menganalisis permasalahan belajar matematika pada materi bilangan dan pengukuran di kelas II Sekolah Dasar. Subjek dari penelitian ini merupakan guru kelas II di SDN yang terletak di Jakarta Selatan. Pada pelaksanaan penelitian ini mengggunakan sebuah metode penelitian yang berupa deskriptif kualitatif melalui penggunaan teknik dengan wujud wawancara beserta observasi. Yang dihasilkan dari penelitian ini, terkait analisis kesulitan belajar matematika pada materi bilangan dan pengukuran siswa kelas II di Sekolah Dasar yang telah peneliti lakukan dapat disimpulkan bahwa (a) Siswa menganggap matematika sebagai mata pelajaran yang sulit; (b) Kurangnya pemahaman konsep matematika oleh siswa; (c) Kurangnya penggunaan media pembelajaran. Dan upaya yang peneliti temukan dalam menghadapi kesulitan belajar matematika pada materi bilangan dan pengukuran siswa kelas II, yaitu (a) Menggunakan metode, media, serta strategi pembelajaran yang menyenangkan seperti permainan matematika dan cerita matematika yang menarik sehingga dapat membantu siswa dalam memahami konsep matematika dengan baik; (b) Menggunakan pendekatan pembelajaran kontekstual; (c) Menggunakan peningkatan minat belajar matematika melalui pendekatan matematika realistik (PMR).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ppm

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan Matematika ISSN 3030-9263 is a scientific journal published by Indonesian Journal Publisher. This journal publishes four issues annually in the months of November, February, May, and August. This journal only accepts original scientific research works (not a review) that have not ...