Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 1 No. 3 (2024): May

Valitidas Tes Objektif Bentuk Pilihan Ganda

Zulpan (Unknown)
Sahrul (Unknown)
Ali Yusron (Unknown)
Rahmi Seri Hanida (Unknown)
Sri Marfu’ah (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2024

Abstract

Ukuran validitas soal adalah korelasi antara skor pada soal itu dengan skor pada perangkat soal. Artinya bahwa jelas validitas soal yakni sudah dilakukan uji coba sehingga mendapatkan hasil skor. Sementara validitas tes yakni sejauh mana tes itu mengukur apa yang diukur, validitas tes pada dasarnya menunjuk kepada derajat fungsi mengukurnya suatu tes, atau derajat kecermatan ukurnya sesuatu tes. Artikel ini bertujuan untuk memaparkan konsep validitas tes objektif bentuk pilihan ganda. Kajian artikel ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif bentuk kajian literatur bersumber dari buku dan artikel ilmiah, kaidah penulisan soal bentuk pilihan ganda ada beberapa hal yang perlu diperhatikan: (a) Materi (b) Konstruksi (c) Bahasa. Hasil kajian konsep pada artikel ini telah membuat konsep yang lebih mudah tentang validitas tes dan validitas soal. Metode ini menggunakan metode kualitatif deskriptif menggunakan kajian pemahaman literatur yang bersumber dari buku, artikel ilmiah. Sumber kajian di analisis secara mendalam untuk mendapatkan poin-poin yang dibutuhkan sesuai dengan topik yang diangkat yang dianalisis secara mendalam sertaArtikel ini menjadi bahan pendukung serta referensi perkuliahan mata kuliah evaluasi pembelajaran serta menjadi rujukan untuk mengembangkan tes maupun instrumen. Sehingga pembaca dapat lebih mudah memahami serta menerapkan pada lingkungan nyata.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ppm

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan Matematika ISSN 3030-9263 is a scientific journal published by Indonesian Journal Publisher. This journal publishes four issues annually in the months of November, February, May, and August. This journal only accepts original scientific research works (not a review) that have not ...