Cendikia Pendidikan
Vol. 2 No. 11 (2024): Sindoro: Cendikia Pendidikan

MENGANALISIS ALAT PENILAIAN HASIL BELAJAR DALAM EVALUASI PEMBELAJARAN

Ina Magdalena (Unknown)
Siti Sholikha (Unknown)
Virli Ibtisam Naura Azis (Unknown)
Arbillah Fahtoni (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jan 2024

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menganalisis alat penilaian hasil belajar. Penelitian ini merupakan jenis penilitian studi pustaka, yaitu mengambil dari berbagai referensi yang relevan dengan pokok bahasan tentang proses alat penilaian hasil belajar. Hasil penelitian dari berbagai artikel ini menunjukkan bahwa berbagai elemen, seperti sikap, pengetahuan, dan keterampilan, dapat digunakan untuk menilai proses pengaturan alat penilaian kemajuan belajar siswa. Penilaian sikap dilakukan secara langsung, sedangkan penilaian pengetahuan didasarkan pada nilai ulangan, latihan, dan tes setiap hari. Praktik, seperti diskusi kelompok, berfungsi sebagai penilaian keterampilan. Sebaliknya, penilaian sikap spiritual dan sosial sebaiknya bersifat menyeluruh dan tidak terpaku pada materi pelajaran tertentu. Prinsip-prinsip dasar seperti validitas, reliabilitas, dan kepraktisan penggunaannya

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...