Cendikia Pendidikan
Vol. 3 No. 8 (2024): Sindoro: Cendikia Pendidikan

PENERAPAN METODE GUIDED NOTE TAKING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV UPT SDN NO. 02 TAROWANG KABUPATEN JENEPONTO

Febriana Asti Pratiwi (Unknown)
Jamaluddin Arifin (Unknown)
Syamsuriyanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui penerapan metode guided note taking dalam meningkatkan motivasi belajar siswa serta meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ips di UPT SDN No.02 Tarowang. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitin ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Pendekatan kualitatif adalah suatu pendekatan dalam melakukan penelitian yang berorientasi pada gejala-gejala yang bersifat alamiah karena orientasinya. Waktu yang digunakan selama penelitian di UPT SDN No. 02 Tarowang Kabupaten Jeneponto yaitu selama kurang dari 1 bulan. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar IPS dapat ditingkatkan dengan penerapan strategi Guided note taking berbantu pada peserta didik kelas IV UPT SD NO.02 Tarowang. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil belajar peserta didik yang meningkat berdasarkan Analisis proses penggunaan metode pembelajaran Guided Note Taking dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, Dampak dalam penggunaan metode pembelajaran Guided Note Taking dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, dan Problematika dalam penggunaan metode pembelajaran Guided Note Taking dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV UPT SDN No. 02 Tarowang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...