Cendikia Pendidikan
Vol. 3 No. 9 (2024): Sindoro: Cendikia Pendidikan

PENGEMBANGAN MEDIA KARTU TOD MATERI GOTONG ROYONG DALAM KEBERAGAMAN DI SEKOLAH DASAR

Lu'luum Maknuun (Unknown)
Afakhrul Masub Bakhtiar (Unknown)
Ismail Marzuki (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Mar 2024

Abstract

Berdasarkan observasi yang peneliti laksanakan pada Kelas V di MIM 10 Tlogosadang, ada beberapa siswa yang kesulitan dalam menangkap dan mengingat materi pembelajaran.Dengan latar belakang tersebut penelitian ini akan membahas pengembangan media pembelajaran inovatif melalui penerapan kartu Truth or Dare (ToD) pada materi gotong royong di kelas V MIM 10 Tlogosadang. Tujuannya adalah meningkatkan partisipasi siswa, memperdalam pemahaman konsep gotong royong, dan mendukung pemahaman terhadap keberagaman budaya. Metode yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan (RnD) dengan menggunakan metode ADDIE, kami merancang, menguji, dan merevisi media ToD untuk memastikan keterlibatan siswa dalam pembelajaran yang dinamis. Hasil uji coba menunjukkan bahwa media ini berhasil menciptakan suasana pembelajaran yang interaktif, memotivasi siswa, dan memberikan pengalaman belajar yang mendalam. Dengan demikian, pengembangan media kartu ToD ini memberikan kontribusi positif terhadap pembelajaran gotong royong di tingkat sekolah dasar, mengintegrasikan keberagaman sebagai bagian integral dari proses pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...