Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan manajemen perubahan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 7 Tangerang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian studi kasus, yaitu salah satu jenis penelitian kualitatif yang didasarkan pada pemahaman dan persepsi manusia serta didasarkan pada data yang perlu diverifikasi. Studi kasus dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, yaitu penelitian yang terfokus pada suatu kasus tertentu untuk dipahami dan diteliti secara rinci sampai pada titik akhir. Peneliti menggunakan studi kasus karena dapat diterapkan dengan benar dalam berbagai konteks. Di sisi lain, studi kasus juga merupakan metode penelitian yang dapat digunakan untuk merangkum temuan suatu penelitian secara akurat. Studi kasus dapat digunakan untuk mengidentifikasi satu pertanyaan penelitian, satu dokumen, atau kejadian tertentu. Manajemen Perubahan Madrasah adalah pimpinan kegiatan Madrasah sebagai manajer puncak atau dalam upaya mencapai tujuan yang telah ditetapkan Madrasah sebelumnya. Kepala madrasah diharapkan mampu mempengaruhi perubahan sumber daya ketenagaan seperti wakil kepala, guru-guru, karyawan, komite madrasah, orang tua siswa, dan anggota madrasah lainnya guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan bagi madrasah. dalam program kerja. Penyesuaian yang dilakukan mungkin disebabkan oleh tugas-tugas rutin yang diperlukan, seperti pergantian alat peraga yang dilaksanakan setiap semester atau setiap tahun ajaran baru. Kejadian tak terduga mungkin timbul karena kebijakan pemerintah seperti penerapan pedoman kurikulum baru yang menggantikan kurikulum lama di madrasah. Oleh karena itu, masyarakat seringkali menentang perubahan yang dilaksanakan dan direncanakan untuk dilakukan di Madrasah oleh para pemimpinnya; Namun seringkali terjadi perubahan di luar institusi sehingga menyebabkan pimpinan Madrasah mengambil sikap hati-hati dalam menghadapi perubahan tersebut.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024