Cendikia Pendidikan
Vol. 5 No. 9 (2024): Sindoro Cendikia Pendidikan

IMPLEMENTASI MODEL PATUH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MUATAN BAHASA INDONESIA DI SD

Vera Novitasari (Unknown)
Dessy Dwitalia Sari (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis motivasi siswa dan menganalisis keterampilan membaca pemahaman siswa menggunakan model PATUH dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan PTK yang dilaksanakan dalam 4 pertemuan. Penelitan dilakukan di kelas V SDN Karang Dukuh dengan jumlah 24 siswa pada tahun akademik 2023/2024. Hasil penelitian menunjukkan motivasi belajar dan keterampilan membaca pemahaman dapat ditingkatkan dengan menggunakan model PATUH pada siswa kelas V SDN Karang Dukuh. Pada pertemuan 1 dan 2 presentase ketuntasan belajar mencapai 38% dan 75%, pada pertemuan 3 dan 4 diperoleh presentase ketuntasan belajar sebesar 91% dan 100%. Motivasi belajar siswa meningkat mencapai 100% dengan kriteria sangat aktif. Keterampilan membaca pemahaman meningkat mencapai 92% dengan kriteria sangat terampil. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran PATUH dapat meningkatkan motivasi belajar dan keterampilan membaca pemahaman Kata Kunci: Motivasi Belajar, Keterampilan Membaca Pemahaman, model PATUH

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...