HARMONI
Vol 8, No 1 (2024): HARMONI

PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH MELALUI PENERAPAN INVENTARISASI, KLASIFIKASI, DAN PRESERVASI KOLEKSI UNTUK MENINGKATKAN AKSES DAN PEMANFAATAN MATERI BACAAN

Indrahti, Sri (Unknown)
Maziyah, Siti (Unknown)
Alamsyah, Alamsyah (Unknown)
Yuliati, Dewi (Unknown)
Nuha, Muhammad Ulin (Unknown)
Alfharezi, M. Salman (Unknown)
Kautsar, Nadafia (Unknown)
Rahayuningrum, Hesti (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2024

Abstract

ABSTRAKPerpustakaan sekolah memegang peran krusial dalam mendukung proses pembelajaran siswa dengan memberikan akses ke beragam sumber informasi. Namun, di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (IT) Al Fikri, pengelolaan perpustakaan masih belum mencapai tingkat optimal. Dalam upaya memperbaiki masalah ini, kegiatan pengabdian terbagi menjadi inventarisasi, klasifikasi, dan preservasi koleksi buku perpustakaan, serta sosialisasi kepada pustakawan dan staf sekolah mengenai praktik pengelolaan perpustakaan yang baik. Dengan demikian, upaya ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pengelolaan perpustakaan sekolah, yang pada gilirannya dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan aksesibilitas informasi bagi siswa. Kata kunci: perpustakaan, sekolah, inventarisasi, klasifikasi, perservasi ABSTRACTSchool libraries play a crucial role in facilitating students' learning processes by providing access to diverse sources of information. However, at the Integrated Islamic Junior High School (IT) Al-Fikri, library management has yet to reach an optimal. To address this issue, outreach activities encompassing inventory, classification, and preservation of library book collections are undertaken, alongside socialization sessions for librarians and school staff on effective library management practices. These efforts aim to enhance the effectiveness and efficiency of school library management, thereby improving the quality of learning and access to information for students. Keywords: library, school, inventory, classification, preservation

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

harmoni

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Harmoni (E ISSN 2599-1795) merupakan jurnal berbasis pengabdian kepada masyarakat yang berfokus pada tiga bidang keilmuan yaitu Bahasa, Sastra, dan Budaya. Jurnal Harmoni dikelola oleh Departemen Linguistik Universitas Diponegoro dalam hal ini Program Studi Sastra Inggris dan Prodi Bahasa dan ...