Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang kepemimpinan visioner kepala sekolahpenggerak sebagai agent of change. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknikpenentuan subjek dalam penelitian ini menggunakan purposive samping yaitu kepala sekolah, para guru,dan staff. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasisebagai metode pendukung. Teknik analisis data menggunakan model interaktif mulai dari tahappengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitianmenyimpulkan bahwa: (1) Kepemimpinan visioner kepala sekolah telah menerapkan pola kepemimpinandemokratis dengan cara membangun komunikasi dua arah, membangun kerja sama tim yang tangguh,meningkatkan kedisiplinan, bersikap adil, pengambilan keputusan bersama, apresiasi, dan motivasi,bersikap respek, melalui pendekatan sifat, pendekatan perilaku, dan pendekatan situasional dalamkepemimpinan; dan (2) kepemimpinan visioner kepala sekolah sebagai agent of change dilakukan melaluipeningkatan kualitas sumber daya manusia para guru dan staf dengan cara perbaikan sistem danpengembangan kompetensi guru pada bidang teknologi informasi, membuat program literacy Al-Qur’anbagi siswa, dan mengimplementasikan program P5 dalam bentuk kegiatan penghijauan, pembuatankaligrafi, dan pemanfaatan barang bekas menjadi barang berguna.
Copyrights © 2024