Journal of Education Religion Humanities and Multidiciplinary
Vol 2, No 1 (2024): Juni 2024

Implementasi Evaluasi dan Kendala Pembelajaran Al Hadits di SMA 1 Al Islam Surakarta

Leoninnda, Maysriva Wahyu (Unknown)
Syukron, Hidayatul Layl Umi (Unknown)
Fauziyah, Safana (Unknown)
Inayati, Nurul Latifatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menggambarkan implementasi dan kendala dalam  evaluasi pembelajaran di SMA Al-Islam 1 Surakarta. Masalah utama dalam pembelajaran Al Hadits yaitu kurangnya minat mengahafal hadits dan kurangnya motivasi dalam belajar sehingga perlu adanya evaluasi untuk mengukur sejauh mana Tingkat tercapainya pembelajaran Al Hadits di Sma 1 Al islam Surakarta. Hasil penelitian menggunakan evaluasi ranah kognitif, afektif dan psikomotor. Studi ini bersifat kualitatif dengan Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumen. Hasil penelitian ranah kognitif yang diukur dengan adanya ulangan haria, ujian Tengah semester dan ujian akhir semester. Penilaian ranah afektif dari observasi yang dilakukan guru Al Hadits setiap kegiatan belajar mengajar. Sedangkan penilaian psikomotorik menggunakan penilaian proyek individu peserta didik,   oProyek  oini  obisa  omembuat  oPower Point yang berisi materi Al- ohadist,  oseperti  ovideo  opendek  oyang  omembawakan  oisi  ohadist.   Dari penjalasan ini dapat disumpulkan bahwa evaluasi dan kendala dalam pembelajaran sangat beragam.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jerumi

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Health Professions Nursing Social Sciences

Description

JERUMI: Journal of Education Religion Humanities and Multidiciplinary dengan nomor ISSN terdaftar 3025-7999 (Cetak) dan 3025-7980 (Elektronik) adalah jurnal akses terbuka ilmiah yang diterbitkan oleh CV Rayyan Dwi Bharata. JERUMI: Journal of Education Religion Humanities and Multidiciplinary ...