MARAS : Jurnal Penelitian Multidisplin
Vol. 2 No. 1 (2024): MARAS : Jurnal Penelitian Multidisiplin, Maret 2024

Keefektifan Model Pembelajaran STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMP

Lestari, Risti Tri (Unknown)
Wijayanti, Palupi Sri (Unknown)
Herawati, Tri Ratna (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2024

Abstract

Belakangan ini banyak siswa Sekolah Menengah Pertama terkait hasil belajar di sekolah kurang. Hal tersebut dikarenakan motivasi belajar siswa yang rendah, penggunaan model pembelajaran dalam proses belajar itu penting bagi siswa. penelitian ini bertujuan untuk melihat keefektifan model pembelajaran STAD terkait hasil belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama serta usaha meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian yang diambil ialah penelitian kuantitatif yang berupa pre- experimental design dengan jenis One-Group Pretest-Posttest. Subjek penelitian ini ialah siswa kelas VIII SMP N 3 Kasihan 2022/2023. Sebanyak 30 siswa yang menjadi sampel penelitian ini. Menurut Hasil analisis yang diperoleh hasil thitung sebesar 10,127 dan koefisien tersebut signifikan pada 5% dan dk = 28 sehingga didapat t tabel sebesar 2,048 maka thitung > t tabel, serta 30 siswa mengalami peningkatan setelah mengikuti tes (posttest) dengan nilai rata-rata 80,67 yang sebelumnya nilai rata-rata sebesar 78,63 (pretest). Berdasarkan data yang diperoleh, diketahui model pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa sehingga diharapkan dapat diterapkan saat proses kegiatan mengajar berlangsung.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

maras

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health

Description

MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin is a peer-review journal that could be access to the public, published by Lumbung Pare Cendekia. This journal is published four issue a year, every month with online version of E-ISSN: 2987-811X. MARAS provides a platform for researchers, academics, ...