MARAS : Jurnal Penelitian Multidisplin
Vol. 2 No. 3 (2024): MARAS : Jurnal Penelitian Multidisiplin, September 2024

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Melalui Model Problem Based Learning

Rosada, Mita (Unknown)
Susanti, Rahmi (Unknown)
Nizayati, Fariyus (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2024

Abstract

Hasil belajar menjadi bagian terpenting dalam bidang pendidikan untuk mengetahui efektif tidaknya suatu sistem pembelajaran yang diterapkan oleh tenaga pendidik. Namun, sekolah masih menghadapi permasalahan terkait rendahnya hasil belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar tematik peserta didik khususnya mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas IV SDN 1 Palembang melalui model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini masuk dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tahapan kegiatan rencana tiap siklus adalah perancangan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian merupakan peserta didik kelas IVA dengan jumlah 28 peserta didik. Data dikumpulkan melalui tes formatif berbentuk pilihan ganda. Data selanjutnya dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar pada masing-masing siklusnya. Persentase ketuntasan hasil belajar siklus 1 sebesar 74% dengan nilai rata-rata 76. dan siklus 2 sebesar 92% dengan nilai rata-rata 80. Hal tersebut membuktikan bahwa penerapan model Problem Based Learning mampu meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Pancasila materi norma dalam masyarakat di kelas IV A SD N 1 Palembang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

maras

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health

Description

MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin is a peer-review journal that could be access to the public, published by Lumbung Pare Cendekia. This journal is published four issue a year, every month with online version of E-ISSN: 2987-811X. MARAS provides a platform for researchers, academics, ...