Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat
Vol 9 No 3 (2024): Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat

Perencanaan Pembelajaran dengan Pembuatan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka bagi Guru di SMKN 9 Semarang

Tusyanah, Tusyanah (Unknown)
Pujiati, Amin (Unknown)
Ismiyati, Ismiyati (Unknown)
Rachmadi, Moch. Faizal (Unknown)
Suryanto, Edy (Unknown)
Chayati, Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Aug 2024

Abstract

Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) yang efektif memerlukan perencanaan pembelajaran yang baik dan relevan. Beberapa guru di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 9 Semarang perlu meningkatkan kemampuan perencanaan pembelajarannya; Oleh karena itu, diselenggarakanlah program pengabdian masyarakat dengan tema Penyusunan Modul Ajar. Tujuan diselenggarakannya pengabdian ini adalah 1) memberikan pengetahuan untuk memahami Capaian Pembelajaran (CP), Tujuan Pembelajaran (TP) dan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) berbasis Kurikulum Merdeka untuk menyusun modul ajar, dan 2) memberikan keterampilan guru dalam membuat modul ajar berbasis Kurikulum Merdeka. Pengabdian dilakukan di SMKN 9 Semarang pada tanggal 9 Maret 2023 untuk pemberian materi dan praktik. Kemudian pendampingan dengan mengevaluasi modul ajar yang sudah dibuat pada tanggal 30 Maret 2023 secara daring melalui Zoom Meeting. Kegiatan pengabdian ini diikuti oleh 30 guru dari 4 program studi yang ada di SMKN 9 Semarang. Modul ajar yang dikembangkan setelah program pengabdian masyarakat menunjukkan peningkatan kualitas dan kelengkapan konten. Selanjutnya, pemahaman dan ketrampilan guru akan penyusunan Modul Ajar juga menunjukkan peningkatan. Hal ini dibuktikan dengan hasil refleksi dan observasi selama pendampingan penyusunan modul ajar. Diharapkan pengabdian dalam penyusunan modul ajar ini dapat dilaksanakan kepada lebih banyak guru dalam rangka penerapan Kurikulum Merdeka sesuai dengan kondisi sekolah yang lain. Effective Independent Curriculum (IKM) implementation requires excellent and relevant learning planning. Several Vocational High School (SMKN) 9 Semarang teachers must improve their learning planning skills. Therefore, a community service program was held with the theme of preparing teaching modules. The purpose of holding this service is 1) to provide knowledge to understand Learning Outcomes (CP), Learning Objectives (TP), and Learning Objective Flow (ATP) based on the Independent Curriculum to prepare teaching modules and 2) to provide teacher skills in creating teaching modules based on the Independent Curriculum. The program was held at SMKN 9 Semarang on March 9, 2023, to provide material and practice. Then, assistance was provided by evaluating the online teaching module created on March 30, 2023, via Zoom Meeting. This service activity was attended by 30 teachers from 4 study programs at SMKN 9 Semarang. The teaching modules developed after the community service program show an increase in the quality and completeness of the content. Furthermore, teachers' understanding and skills in preparing Teaching Modules also show improvement. The results of reflection and observation prove it when assistance is provided in preparing teaching modules. Hopefully, more teachers will dedicate themselves to preparing this teaching module to implement the Independent Curriculum in other school conditions.

Copyrights © 2024