Metakognisi : Jurnal Kajian Pendidikan
Vol 6 No 1 (2024): Metakognisi

Evaluasi Pengalaman Mahasiswa Farmasi Angkatan 2021 dalam Pembelajaran Daring selama Pandemi COVID-19 di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Salsabila Serang

Noviyanto, Fajrin (Unknown)
Shobah, Afifah Nur (Unknown)
Cantika, Salkia Bunga (Unknown)
Sari, Via Novita (Unknown)
Renata, Deo (Unknown)
Ardianto, Teguh (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi pengalaman mahasiswa Farmasi Angkatan 2021 di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Salsabila Serang dalam pembelajaran daring selama pandemi COVID-19. Metode digunakan penelitian deskriptif kualitatif dilakukan dengan menyebarkan kuesioner daring kepada 127 mahasiswa melalui Google Form dan melakukan wawancara mendalam pada beberapa responden. Untuk mengetahui distribusi frekuensi dan nilai rata-rata, data dianalisis menggunakan SPSS versi 26. Selanjutnya, data dikategorikan menjadi rendah, sedang, dan tinggi. Hasil survei menunjukkan bahwa aspek belajar mengajar dalam pembelajaran daring dikategorikan sebagai "Sedang" dengan nilai rata-rata 3,38, mengindikasikan perlunya peningkatan dalam membantu mahasiswa memahami teori dan keterampilan yang diberikan secara daring. Sementara itu, kemampuan dosen dalam pembelajaran daring dikategorikan "Tinggi" dengan nilai rata-rata 4,02, dan sarana serta prasarana untuk pembelajaran daring juga dikategorikan "Tinggi" dengan nilai rata-rata 3,96. Penelitian ini memberikan wawasan tentang pengalaman mahasiswa farmasi dalam pembelajaran daring dan aspek-aspek yang perlu ditingkatkan untuk meningkatkan efektivitasnya di masa depan, serta dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan saat membuat kebijakan dan strategi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa farmasi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

metakognisi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Metacognition is a journal of educational studies that contain writing the results of thought analysis, conceptual studies and research in the field of ...