Jurnal Malikussaleh Mengabdi
Vol 3, No 1 (2024): Jurnal Malikussaleh Mengabdi, April 2024

Pendampingan Penyusunan Soal Berbasis Higher Order Thinking Skill Bagi Guru di Lingkungan Madrasah Barokah Al-Haromain Muara Enim

Elisyah, Nur (Unknown)
Hidayat, Amam Taufiq (Unknown)
Mujtahid, Zainul (Unknown)
Hidayatsyah, Hidayatsyah (Unknown)
Fatwa, Islami (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Pendidikan Indonesia saat ini menggunakan kurikulum merdeka dengan sistem penilaian yang digunakan adalah penilaian berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS). Soal berbasis HOTS ialah istrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Namun, pada kenyataannya guru masih kurang memahami penyusunan soal berbasis HOTS. Tujuan dari pengabdian ini adalah melakukan pendampingan penyusunan soal berbasis HOTS bagi guru-guru dilingkungan madrasah Barokah Al-Haromain. Metode pada kegiatan pengabdian ini terdapat tiga tahapan yaitu, tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Hasil dari penelitian ini guru dapat memahami dan menyusun soal berbasis HOTS dibuktikan dengan ada peningkatan dan hasil rata-rata pretest dan posttest yang awalnya 78,99 % pada rata-rata pretest dan 99,5% pada rata-rata posttest. Selain memahami penyusunan soal berbasis HOTS guru juga dapat mengetahui strategi dari penyusunan soal berbasis HOTS.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jmm

Publisher

Subject

Religion Humanities Environmental Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Malikussaleh Mengabdi (JMM) diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Malikussaleh (LPPM UNIMAL) adalah peer-reviewed journal yang memuat artikel-artikel ilmiah dari berbagai disiplin ilmu yang diadopsi dalam berbagai aktivitas pengabdian kepada ...