UNM Journal of Biological Education
Vol 7, No 1 (2023): Vol 7 No 1 September 2023

Hubungan Motivasi Belajar dan Lingkungan Belajar dengan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Biologi Kelas XII MAN 1 Mamuju

Najamuddin, Nurwahyudin (Unknown)
Muis, Abd. (Unknown)
Arsyad, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian ex- post facto yang bertujuan untuk (i) mendeskripsikan motivasi belajar, lingkungan belajar dan hasil belajar peserta didik mata pelajaran biologi kelas XII MAN 1 Mamuju; (ii) menganalisis hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar peserta didik mata pelajaran  biologi kelas XII MAN 1 Mamuju; (iii) menganalisis hubungan antara lingkungan belajar dengan hasil belajar peserta didik mata pelajaran biologi kelas XII MAN 1 Mamuju; (iv) menganalisis hubungan antara motivasi belajar, lingkungan belajar dengan hasil belajar peserta didik mata pelajaran biologi kelas XII MAN 1 Mamuju. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik MAN 1 Mamuju dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas XII yang berjumlah 132 peserta didik dengan menggunakan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data melalui angket motivasi belajar dan angket lingkungan belajar. Data dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial berupa uji normalitas, uji linearitas dan uji hipotesis berupa regresi sederhana dan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) deskriptif motivasi belajar, lingkungan belajar dan hasil belajar peserta didik berada dikategori sedang; (ii) terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar peserta didik dengan nilai korelasi sebesar 27%; (iii) terdapat hubungan antara lingkungan belajar dengan hasil belajar peserta didik dengan nilai korelasi sebesar 31%; (iv) terdapat hubungan antara motivasi belajar, lingkungan belajar dengan hasil belajar peserta didik dengan nilai korelasi sebesar 32,7%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

UJBE

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

UNM Journal of Biological Education with p-ISSN 2581-1959 and e-ISSN 2581-1967 publishes the latest research into the biology teaching and learning, assessment of biology learning, development of biology teaching and learning strategy, development of biology teaching media. The journal aims to ...