UNM Journal of Biological Education
Vol 7, No 1 (2023): Vol 7 No 1 September 2023

Higher Order Thinking Skill (Hots) Peserta Didik Melalui Project Based-Learning pada Materi Perubahan Lingkungan

Puspita, Anita (Unknown)
Azis, Andi Asmawati (Unknown)
Arsyad, Muhammad (Unknown)
Zain, Indrawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan Higher Order Thinking Skill (HOTS) melalui penerapan model Project Based-Learning pada materi perubahan lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian praeksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah One-Shout Case Study. Subyek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X Al Nadim SMAN 4 Pangkep dengan jumlah 30 orang yang diambil dengan tekhnik random sampling. Pembelajaran model project based-learning dilakukan untuk memperoleh data penelitian kemampuan higher order thinking skill melalui tes hasil belajar berupa pretes dan postes. Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif. Setelah penerapan model Project Based-Learning pada materi perubahan lingkungan, diperoleh analisis data statistik deskriptif, kemampuan higher order thinking skill melalui model pembelajaran project based-learning pada materi perubahan lingkungan efektif dilatihkan pada kemampuan menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta dengan nilai N-gain 0,6; 0,4; dan 0,8.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

UJBE

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

UNM Journal of Biological Education with p-ISSN 2581-1959 and e-ISSN 2581-1967 publishes the latest research into the biology teaching and learning, assessment of biology learning, development of biology teaching and learning strategy, development of biology teaching media. The journal aims to ...