Journal of Classroom Action Research
Vol. 6 No. 3 (2024): Agustus 2024

Keefektifan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament Terhadap Keterampilan Kolaboratif Siswa

Fahrunnisah, Fadiah (Unknown)
Karma, I Nyoman (Unknown)
Indraswati, Dyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran cooperative learning tipe team games tournament terhadap keterampilan kolaboratif siswa kelas IV di SD Negeri 1 Labuhan Mapin. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Experiment dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SD Negeri 1 Labuhan Mapin berjumlah 40 siswa dan teknik dalam meetukan kelompok sampel yaitu teknik non probability sampling dengan jenis purposive sampling . Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar observasi untuk mengukur keterlaksanaan model pembelajaran cooperative learning tipe team games tournament dan lembar angket untuk mengukur keterampilan kolaboratif siswa. Hasil observasi keterlaksanaan model pembelajaran cooperative learning tipe team games tournament memperoleh nilai rata-rata sebesar 83,3% dan termasuk kategori sangat aktif yang berarti keterlaksanaan pembelajaran sudah dilakukan sangat baik. Teknik  analisis  data yang digunakan adalah uji prasyarat (normallitas dan homogenitas), uji hipotesis menggunakan uji Independent  Sample  T  Test, uji N-Gain, dan effect  size Cohen’s d. Hasil  analisis diperoleh  skor  rata-rata posttest siswa  kelas  eksperimen  adalah  80,10  dan  kelas  kontrol  69,40. Pengujian hipotesis pada taraf signifikansi 5% diperoleh t-hitung = 3,529 sedangkan t tabel = 1,68595 Sehingga t hitung > t tabel dan diperoleh nilai sig 2 tailed 0,001 < 0,05 maka (Ha) diterima dan (Ho) ditolak. Hasil uji N-Gain  kelas ekperimen 0,69 dan kelas kontrol 0,38 berada dalam kategori sedang. Hasil uji effect  size Cohen’s d dengan perhitungan d=1,11 yang  berada  pada  kategori  efek  besar. Sehingga model pembelajaran cooperative learning tipe team games tournament efektif untuk meningkatkan keterampilan kolaboratif siswa kelas IV di SD Negeri 1 Labuhan Mapin.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...