Renjana Pendidikan Dasar
Vol 4 No 3 (2024): Edisi Agustus 2024

ANALISIS STRATEGI ORANG TUA DALAM MENGATASI DAMPAK PENGGUNAAN GADGET TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR ANAK SEKOLAH DASAR

Rizaldi, Imam (Unknown)
Adikara, Fahmi Surya (Unknown)
Susiloningsih, Esti (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Aug 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi orang tua dalam mengatasi dampak penggunaan gadget terhadap konsentrasi belajar anak sekolah dasar. Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di wilayah pemukiman asrama dan rusun mahasiswa Universitas Sriwijaya atau tepatnya di Kelurahan Timbangan Kecamatan Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir Provinsi Sumatera Selatan dengan jumlah narasumber lima orang tua. Hasil penelitian yang dilakukan adalah terdapat lima strategi orang tua dalam mengatasi dapak penggunaan gadget terhadap konsentrasi belajar anak sekolah dasar yaitu membatasi waktu penggunaan gadget, menyediakan tempat khusus belajar, melakukan komunikasi terbuka, pengawasan aktif dan memberikan nasihat dan contoh positif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

renjana

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Renjana Pendidikan Dasar merupakan wadah publikasi artikel-artikel hasil penelitian mahasiswa dan kajian studi literatur dalam bidang pendidikan dasar. Bidang pendidikan dasar ini mencakup model pembelajaran pendidikan dasar, evaluasi pembelajaran pada pendidikan dasar, strategi pembelajaran, media ...