Jurnal Tazakkur
Vol 4 No 2 (2024): Jurnal Tazakkur

Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Pengelolaan Kelas dan Dukungan Teman Sebaya di SMKN 6 Dumai

Suryani (Unknown)
Hadi Sumitro, Wiwid (Unknown)
Windayani (Unknown)
Wahyudi, Imam (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengelolaan kelas dan interaksi teman sebaya terhadap hasil belajar pendidikan agama islam siswa kelas X di SMK N 6 Dumai. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Teknik sampling Jenuh yang terdapat pada non Probability. Data dikumpulkan melalui penyebaran angket. Data dianalisis mengunnakan analisis regresi berganda dengan bantuan bantuan SPSS 21 for windows. Hasil penelitian menemukan bahwa pengelolan kelas berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMK N 6 Dumai.Interaksi teman sebaya berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMK N 6 Dumai. Pengaruh pengelolaan kelas dan interaksi teman sebaya terhadap hasil belajar pendidikan agama islam siswa kelas X di SMK N 6 Dumai berkontribusi sebesar 68,5%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

taz

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

Jurnal Tadzakkur merupakan jurnal enam bulanan yang memuat naskah di bidang ilmu Pendidikan Islam guna untuk menambah pengetahuan masyarakat, tenaga pendidik, mahasiswa dan pelajar mengenai isu-isu dan trend terbaru seputar pendidikan islam seperti kurikulum pendidikan, pengajaran, pembelajaran, ...