Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi
Vol 7 No 2 (2023)

Video Animasi Materi Sistem Reproduksi Menjadi Solusi Mengatasi Rendahnya Minat Peserta Didik

Tara Fadhila Amatullah (Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Indonesia)
Ervan Johan Wicaksana (Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Indonesia)
Afreni Hamidah (Program Studi S-1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2023

Abstract

Salah satu aspek dalam pendidikan yang mengikuti perkembangan teknologi adalah media pembelajaran. Penggunaan media yang kurang bervariasi dalam pembelajaran berdampak pada kurangnya minat dan perhatian peserta didik.  Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran video animasi menggunakan animaker serta untuk melihat kelayakan media pembelajaran yang akan divalidasi oleh ahli media dan materi. Media pembelajaran yang dikembangkan mencakup materi sistem reproduksi. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Laboratorium Kota Jambi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan tahapan pengembangan terdiri atas Analyze, Design, Development, and Evaluation. Uji coba dilakukan kepada 6 orang peserta didik (kelompok kecil) dan 30 orang peserta didik (kelompok besar). Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa angket yang berisi beberapa item pernyataan dan disebarkan melalui google form. Hasil validasi ahli media adalah 92%, ahli materi adalah 94% dengan kategori “Sangat Layak”. Hasil uji coba kelompok kecil adalah 89%, kelompok besar dengan persentase 87%, termasuk dalam kategori “Sangat Baik”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran video animasi menggunakan animaker pada materi sistem reproduksi di SMA/MA yang dilakukan layak digunakan dalam proses pembelajaran serta dapat mengatasi permasalahan perhatian dan minat peserta didik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jppb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

This journal focuses on the publication of research results in the field of education and learning biology. Detailed scopes of articles accepted for submission to Diklabio are: 1. Classroom Action Research (CAR) 2. Lesson Study (LS) 3. Res earch and Development (R&D) 4. Curriculum in Biology ...