Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar
Vol 5 (2024): Transformasi Pembelajaran Pada Pendidikkan Dasar Integrasi Computational Thinking

Implementasi Penggunaan Google Sites pada Materi IPAS Kelas IV Sekolah Dasar

Melinda Agustin (Universitas PGRI Madiun)
Candra Dewi (Universitas PGRI Madiun)
Hartini Hartini (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2024

Abstract

Google Sites merupakan salah satu media pembelajaran berbasis website yang dapat dimanfaatkan oleh guru pada saat kegiatan pembelajaran. Google sites ini menjadi salah satu Upaya yang dapat dilakukan oleh guru untuk menyampaikan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan google sites pada materi peraturan tertulis dan tidak tertulis mata Pelajaran IPAS kelas IV, dan mendeskripsikan kekurangan serta kelebihan dari google sites. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 3 Wonodadi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilaksanakan dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan google sites sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam belajar, memberikan pengalaman belajar yang lebih inovatif, dan juga dapat menjadikan pembelajaran yang lebih efektif dan efisien.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

KID

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Konferensi Ilmiah Dasar merupakan seminar nasional yang diselenggarakan oleh program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Universitas PGRI Madiun. Luaran dari Konferensi Ilmiah Dasar adalah prosiding online pada bidang pendidikan dasar yang sesuai dengan tema seminar yang diselenggarakan. ...