Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 12, No 3 (2024): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

Telaah Pelaksanaan Program Remedial pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 5 di Sekolah Dasar

Laksmi Evasufi Widi Fajari (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Melisah Melisah (Universitas Bina Bangsa)
Annisa Annisa (Universitas Bina Bangsa)
Eroh Baheroh (Universitas Bina Bangsa)
Rahma Virly Aulia Milova (Universitas Bina Bangsa)
Lourenza Ahjami Mudhoffar (Universitas Bina Bangsa)



Article Info

Publish Date
21 Sep 2024

Abstract

Program remedial merupakan salah satu langkah yang diambil sekolah untuk menyelesaikan masalah matematika. Penelitian ini bertujuan untuk melihat upaya sekolah untuk mengatasi kesulitan belajar matematika melalui pelaksanaan kegiatan remedial. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ini yaitu guru kelas dan siswa kelas 5 yang mengalami kesulitan belajar matematika dan masuk program remedial. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan obervasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dalam tiga tahap: pengurangan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) diagnosis kesulitan belajar menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan belajar dengan materi luas dan keliling bangun datar, (2) menemukan bahwa kesulitan belajar terjadi sebelum kegiatan remedial, dan (3) bahwa penyusunan kegiatan remedial dilakukan dengan membuat kesepakatan bersama antara guru dan siswa tentang konsep dan waktu kegiatan remedial, (4) pelaksanaan kegiatan remedial dilakukan setelah ulangan semester dan dilaksanakan dengan tertib tanpa ada siswa yang mencontek, (5) penilaian kegiatan remedial untuk mengetahui keberhasilan tindakan perbaikan sebelumnya. Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa metode pelaksanaan kegiatan remedial terdiri dari diagnosis kesulitan belajar, identifikasi penyebabnya, pembuatan rencana kegiatan remedial, pelaksanaannya, dan penilaiannya. Siswa yang mengalami kesulitan belajar dapat mencapai KKM dengan bantuan program ini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...