Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 12, No 2 (2024): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

Penerapan Metode Pembelajaran Outdoor Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Terhadap Mata Pelajran PPKn bagi Siswa Kelas III

Mukhlisina Mukhlisina (Universitas Sebelas Maret)
Muhamad Chamdani (Universitas Sebelas Maret)
Moh Salimi (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
25 May 2024

Abstract

Outdoor Learning menjadi alternatif metode pembelajaran yang dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar siswa SD Negeri 4 Bumirejo pada mata pelajaran PPKn. Sampel pada penelitian ini adalah guru dan siswa kelas III SD Negeri 4 Bumirejo. Data yang diperoleh merupakan hasil observasi, wawancara, dan tes terhadap guru dan siswa mengenai penerapan metode Outdoor Learning. Langkah-langkah yang dilakukan dalam penerapan metode Outdoor Learning pada penelitian ini berupa mempersiapkan pembelajaran, pembentukan kelompok, pelaksanaan pembelajaran, pelaporan hasil diskusi, dan penutup. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa pada penerapan metode pembelajaran Outdoor Learning terhadap mata pelajaran PPKn meningkat. Bahkan motivasi belajar siswa meningkat dalam pembelajaran dengan menerapkan metode pembelajaran Outdoor Learning.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...