Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 12, No 1 (2024): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

Upaya Meningkatkan Kerjasama dan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) pada Siswa Kelas V

Khusnul Khotimah (Universitas Sebelas Maret)
Kartika Chrysti Suryandari (Universitas Sebelas Maret)
Ngatman Ngatman (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
09 Jan 2024

Abstract

Pendidikan di era society 5.0 berkaitan erat dengan kecakapan abad ke-21 yang juga dikenal dengan istilah 4C (Creativity, Critical Thinking, Communication, dan Collaboration). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa kelas V melalui penerapan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) pada mata pelajaran IPA SDN 3 Kalirejo Kebumen. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Hasil penelitian menunjukkan kerjasama siswa yang meningkat berupa saling ketergantungan, komunikasi antaranggota, tanggungjawab, dan saling menghargai. Hasil belajar siswa yang diukur melalui hasil test evaluasi mengalami peningkatan. Pada siklus I, 20 siswa tuntas KKM = 57,14%, siklus II, 27 siswa tuntas KKM = 77,14%, dan siklus III, 31 tuntas KKM = 88,57%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model CLIS dapat meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa.  

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...