Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 12, No 2 (2024): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia materi Kalimat Saran pada Siswa Kelas IIIA SD Negeri Peniron Tahun Ajaran 2023/2024

Wakhid Sandi Nugroho (Universitas Sebelas Maret)
Muhamad Chamdani (Universitas Sebelas Maret)
Ngatman Ngatman (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
25 May 2024

Abstract

Peran guru sangat penting dalam peningkatan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan langkah penerapan model Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi kalimat saran pada siswa kelas IIIA SD Negeri Peniron tahun ajaran 2023/2024; (2) meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi kalimat saran dengan penerapan model Problem Based Learning pada siswa kelas IIIA SD Negeri Peniron tahun ajaran 2023/2024; dan (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan model Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi kalimat saran pada siswa kelas IIIA SD Negeri Peniron tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan selama tiga siklus dengan lima kali pertemuan. Subjek penelitian ialah guru dan siswa kelas IIIA SDN Peniron dengan jumlah 25 siswa. Data yang digunakan yakni kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus 1 = 71,7, siklus II = 80,58 dan siklus III = 86,16. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi kalimat saran pada siswa kelas IIIA SDN Peniron tahun ajaran 2023/2024.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...