Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 12, No 1 (2024): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

Penerapan Model Discovery Learning Dengan Media Konkret dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika Materi Bangun Ruang Pada Siswa Kelas V SDN 2 Sidomukti Tahun Ajaran 2022/2023

Indhi Mars Baramukti (Sebelas Maret University)
Rokhmaniyah Rokhmaniyah (Sebelas Maret University)
Suhartono Suhartono (Sebelas Maret University)



Article Info

Publish Date
03 Apr 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan penerapan model discovery learning dengan media konkret, meningkatkan pembelajaran matematika materi bangun ruang, dan mendeskripsikan kendala dan solusi pada penerapan model discovery learning dengan media konkret dalam peningkatan pembelajaran matematika materi bangun ruang. Desain penelitian ini adalah PTK kolaboratif yang dilaksanakan dalam 3 siklus dengan subjek seorang guru dan 13 siswa. Hasil penelitian ini sebagai berikut. Pertama, penerapan model discovery learning dengan media konkret yaitu stimulation, problem statement, data collection, data processing, verification, generalization. Kedua, penerapan model discovery learning dengan media konkret dapat meningkatkan pembelajaran matematika materi bangun ruang. Ketiga, kendala penerapan model discovery learning dengan media konkret yaitu belum maksimalnya penggunaan media, siswa kurang aktif, belum ada tanggapan adapun solusinya yaitu siswa harus memanfaatkan media, siswa harus aktif, dan siswa lebih percaya diri. Kesimpulan penelitian ini yaitu penerapan model discovery learning dengan media konkret dapat meningkatkan pembelajaran matematika materi bangun ruang pada siswa kelas V SDN 2 Sidomukti Tahun Ajaran 2022/2023.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...