Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series
Vol 7, No 3 (2024): Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series

Peningkatan Hasil Belajar IPAS Materi Kebutuhan Hidup Manusia Melalui Model Teams Games Tournament pada Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Karangasem 4 Surakarta

Dewi Maya Ayu Septiana (Universitas Sebelas Maret)
Dian Wahyu Pratiwi (Universitas Sebelas Maret)
Kartika Chrysti Suryandari (Universitas Sebelas Maret)
Dwi Ratna Handayani (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
18 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik kelas IV pada pembelajaran IPAS materi kebutuhan hidup manusia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif terhadap pembelajaran IPAS dan mengetahui peningkatan hasil belajar IPAS materi kebutuhan hidup manusia melalui model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) pada peserta didik kelas IV SDN Karangasem 4 Surakarta Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) selama dua siklus dengan setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas IV dengan jumlah 21 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik obesrvasi dan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan belajar peserta didik pada siklus I memperoleh persentase sebesar 61,90%, meningkat pada siklus II sebesar 90,47%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat ditarik simpulan bahwa penerapan model Team Games Tournament (TGT) terbukti efektif dan dapat meningkatkan hasil belajar IPAS materi kebutuhan hidup manusia pada peserta didik kelas IV SDN Karangasem 4 Surakarta.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

SHES

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series is a peer-reviewed interdisciplinary journal with broad coverage, consolidate basic and applied research activities by publishing the proceedings of the conference in all areas of the social sciences, humanities and ...