Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) sangat berperan sekali dalam kemajuan perekonomian masyarakat indonesia. UMKM juga berperan dalam memeratakan dan meningkatan penghasilan pelaku UMKM, menyokong pertumbuhan ekonomi, dan terciptanya keseimbangan Negara. Usaha Mikro Kecil Menengah di desa Sei Suka Deras memiliki banyak potensi untuk memperoleh tingkat keuntungan yang cukup tinggi. Namun, disayangkan masih adanya keterbatasan akses internet dan pengetahuan teknologi sehingga memerlukan pengembangan UMKM yang harus kuatkan kembali. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengetahui pengembangan UMKM yang berbasis media social di desa Sei Suka Deras. Metode yang dilakukan dalam kegiatan pengabdian ini adalah dengan cara Pengamatan, observasi serta wawancara kepada para pelaku UMKM. Berdasarkan hasil observasi penulis, Desa Sei Suka Deras masih ada tatangan dalam akses internet dan pengetahuan teknologi bagi masyarakat setempat, namun adanya peran pemuda yang membantu mempromosikan UMKM masyarakat agar lebih dikenal, sehingga sudah sebagian UMKM di desa Sei Suka Deras yang memanfaatkan platform media social untuk mempromosikan produk mereka.
Copyrights © 2024