Jurnal Akuntansi Hukum dan Edukasi
Vol 1, No 2 (2024): November 2024

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis di SD Negeri 84 Singkawang

Triyanti, Tamia (Unknown)
Buyung, Buyung (Unknown)
Hendriana, Evinna Cinda (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1. Mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Solving, 2. Mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis, 3. Mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis di SD Negeri 84 Singkawang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif eksperimen dengan metode quasy experimental design. Desain penelitian yang digunakan adalah dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SD negeri 84 Singkawang dengan teknik pengambilan sampel berupa sampel jenuh (total sampling). Penelitian dilakukan pada dua kelas yaitu eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Problem Solving dengan siswa berjumlah 24 orang dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran biasa dengan siswa berjumlah 24 orang. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : 1) Model Problem Solving berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis yang ditunjukkan dari hasil perhitungan Effect Size sebesar 1,57 dengan kriteria yang tergolong tinggi karena 1,57 berada pada Es 0,8. Adanya pengaruh dikarenakan pada kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran Problem Solving. 2) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis setelah diterapkannya model pembelajaran Problem Solving yang ditunjukkan dari hasil perhitungan uji t dua sampel diperoleh thitung = 2,267 dan ttabel = 2,064, sehingga dapat disimpulkan thitung ttabel. Adanya perbedaan kemampuan pemecahan masalah pada kelas eksperimen dan kelas kontrol disebabkan oleh pengaruh perlakuan antara kelas tersebut. 3) Terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis setelah diterapkan model Problem Solving yang dibuktikan dengan skor post-test yang lebih tinggi dari hasil pre-test yang ditunjukkan dari hasil perhitungan menggunakan N-Gain diperoleh 0,391 dengan kriteria sedang karena 0,391 berada pada 0,7 ≥ N-Gain 0,3.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jahe

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

JAHE: Jurnal Akuntansi Hukum dan Edukasi dengan nomor ISSN terdaftar 3046-7896 (Cetak) dan 3046-7187 (Online - Elektronik) adalah jurnal akses terbuka ilmiah yang diterbitkan oleh CV Rayyan Dwi Bharata. JAHE: Jurnal Akuntansi Hukum dan Edukasi bertujuan untuk mempublikasikan hasil penelitian asli ...