Dalam perkembangan media saat ini masyarakat kita dituntut untuk aktif dan mampu berinovasi dalam mengembangkan setiap lini sektor usahanya. Brand hadir sebagai salah satu sumber utama diferensiasi antara penawaran kompetitif lainnya dipasar. Salah satu konsep penting dalam branding adalah brand image. Membangun brand image yang unik, menarik, dan tidak terlupakan memberikan banyak manfaat bagi kemajuan bisnis seperti meningkatkan loyalitas, kepuasan pelanggan, penjualan, serta kepercayaan pelanggan terhadap brand. Namun, para pelaku bisnis UMKM sering kali melupakan pentingnya membangun strategi brand image. Salah satu daerah yang memiliki banyak bisnis UMKM adalah Kelurahan Ciater, Kecamatan Serpong, Kota Tangerang Selatan. Masyarakat yang memiliki usaha atau pelaku usaha UMKM di Kelurahan Ciater perlu untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan mengenai pentingnya membangun brand image guna meningkatkan bisnis dan mewujudkan bisnis yang berkelanjutan. Dalam rangka memenuhi kebutuhan tersebut dan sebagai bentuk berbagi pengalaman, pengetahuan serta wawasan kepada pelaku usaha UMKM di Kelurahan Ciater, Universitas Pamulang, Fakultas Ilmu Komunikasi, Program Studi Ilmu Komunikasi melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat dalam bentuk sosialisasi pentingnya membangun brand image, dengan target sasaran pelaku usaha UMKM di Kelurahan Ciater. Lokasi kegiatan berada di Kantor Kelurahan Ciater, Jl. H. Nawawi RT/RW. 004/009 Kel. Ciater, Kec. Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten. Metode kegiatan dalam bentuk sosialisasi dilakukan secara interaktif, diawali dengan pemaparan materi mengenai strategi membangun brand image, diikuti tanya jawab dan diskusi, kemudian diakhiri dengan praktek perancangan strategi brand image bagi masing-masing bisnis. Peserta memperoleh tambahan pengetahuan secara akademis dan teknik mengenai cara membangun brand image. Para pelaku UMKM terlihat antusias dan bersemangat, hal ini terlihat dari terjadinya interaksi dua arah, diskusi, dan berbagi pengalaman dan menjadi wadah penyampaian masalah yang mereka hadapi dalam kegiatan pengembangan usaha di Kelurahan Ciater.
Copyrights © 2024