EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 6, No 3 (2024)

Menganalisis Proses Belajar dan Pembelajaran dalam Teori Kognitif pada Peserta Didik di Sekolah Dasar

Awalina Barokah (Universitas Pelita Bangsa)
Arimbi Lolita Hayuningtyas (Universitas Pelita Bangsa)
Izzah Lailatul Fazriah (Universitas Pelita Bangsa)
Safnatun Nazah (Universitas Pelita Bangsa)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2024

Abstract

Penggunaan teori kognitif pada strategi pembelajaran dapat memberikan pengalaman belajar yang bermakna dan berperan penting dalam menghormati peran aktif peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah supaya kita sebagai pendidik bisa lebih memahami motorik anak, keaktifan anak dalam di kelas saat pembelajaran, kita juga bisa mengetahui proses anak mengingat sesuatu dan bisa memecahkan masalah yang terjadi dalam pembelajaran. Sedangkan pada penelitian ini, Manfaat nya adalah bisa lebih mengetahui proses belajar anak dalam perkembangan kognitif pembelajarannya melalui pemahaman anak dalam belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian literature dengan kajian pustaka berdasarkan jurnal atau teori yang diteliti . Hasil menunjukkan teori yang akan dibahas dalam jurnal ini teori Kognitif yang merupakan perkembangan kemampuan berpikir dan perkembangan individu dalam kemampuan kognitif tidak bisa diukur secara umum karena masih ada faktor lingkungan sosial yang mempengaruhinya. Kesimpulan yang ditemukan pada penelitian ini adalah dimana perlunya guru harus berhati-hati untuk menarik perhatian siswa selama proses belajar mengajar Karena setiap siswa memiliki karakteristik yang berbeda-beda, dan perlunya Pembelajaran yang harus disesuaikan dengan situasi dan kondisi siswa yang bersangkutan

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...