EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 6, No 5 (2024)

Kekuatan Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah dalam Mengkoordinasikan Pendidikan Inklusif

Rismita, Rismita (Unknown)
Chairunnisa, Connie (Unknown)
Istaryatiningtias, Istaryatiningtias (Unknown)
Dwiputra, Yoga (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Aug 2024

Abstract

Tantangan yang dihadapi adalah kurangnya pemahaman tentang pendidikan inklusif dan keterbatasan sumber daya (guru pendamping khusus). Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peran dan kekuatan kepemimpinan kepala sekolah dalam mengkoordinasikan program pendidikan inklusif. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara (pemimpin sekolah, guru, dan staf pendukung), observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis tematik dengan menganalisis, dan menentukan pola untuk mengidentifikasi topik penelitian. Hasil penelitian adalah kepala sekolah mempunyai keterampilan komunikasi yang baik dan mampu membangun tim dengan para guru dalam mengimplementasikan pendidikan inklusif walau tidak adanya guru pendamping khusus, hal ini dapat diatasi dengan kepemimpinan yang kuat. Kepala sekolah menyediakan sumber daya dan pelatihan bagi guru terhadap pendidikan inklusif. Kepala sekolah menciptakan lingkungan sekolah yang inklusif memfasilitasi partisipasi dari semua pihak terkait untuk mengakomodasi siswa dengan kebutuhan belajar yang beragam dan perilaku yang kompleks dalam kelas, siswa inklusif mendapatkan dukungan dan kesempatan yang tepat untuk berhasil. Kepala sekolah berperan penting dalam meningkatkan kualitas pengajaran melalui dukungan, kolaborasi, umpan balik, dan pengembangan profesional. Kesimpulan/implikasi adalah kepemimpinan instruksional yang efektif merupakan kunci utama dalam mengkoordinasikan pendidikan inklusif untuk mencapai keberhasilan, sehingga diperlukan pelatihan kepemimpinan instruksional yang berfokus pada pendidikan inklusif

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...