Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran IPA dengan menggunakan Alat Peraga Magic Box dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penggunaan Alat Peraga Magic Box dalam pembelajaran IPA. Metode penelitian yang digunakan penelitian ini adalah jenis pendekatan kualitatif deskriptif. Yang menjadi subjek penelitian adalah guru kelas IV dan siswa kelas IV dimana terdapat  jumlah 27 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses belajar siswa kelas IV pada pembelajaran IPA dengan materi Macam-macam Sumber Energi berjalan dengan baik. Dengan adanya Alat Peraga Magic Box guru lebih mudah mengajar dalam menyampaikan materi-materi yang terkait. Selain itu siswa-siwa kelas IV juga lebih mudah memahami dengan pembelajaran menggunakan Alat Peraga Magic Box dan terdapat peningkatan hasil belajar IPA siswa dengan menerapkan media magic box, selain itu siswa menjadi lebih aktif selama mengikuti pembelajaran. Kata Kunci: Alat peraga Magic Box, Pembelajaran IPA
Copyrights © 2023