JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA
Vol. 4 No. 3 (2024): JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA

Efektivitas Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas IX

Dasusmi, Krisna Jivani (Unknown)
Subarinah, Sri (Unknown)
Azmi, Syahrul (Unknown)
Arjudin, Arjudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2024

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMPN 16 Mataram dimana sampel diambil menggunakan teknik cluster random sampling dengan subjek penelitian adalah kelas IX A sebagai kelas eksperimen dan kelas IX B sebagai kelas kontrol pada tahun ajaran 2024/2025. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes, lembar observasi dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan inferensial. Hasil perhitungan statistik uji independent sample t-test menunjukkan bahwa nilai   yaitu nilai nilai 2,002 dengan taraf signifikansi yaitu  yang menunjukkan bahwa  ditolak dan  diterima. Hal ini berarti terdapat perbedaan rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol seperti nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan siswa kelas kontrol. Hal ini berarti penggunaan model PBL lebih efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL efektif terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis pada siswa kelas IX SMPN 16 Mataram tahun ajaran 2024/2025.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jagomipa

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Education Mathematics Physics

Description

JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA memiliki e-ISSN: 2797-6467 dan p-ISSN: 2797-6475, menerbitkan jurnal hasil kajian teori dan penelitian pada pendidikan matematika dan IPA, baik hasil kajian dan penelitian pendidikan secara umum maupun hasil kajian dan penelitian pembelajaran dalam ...