Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran group investigation untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik sekolah dasar. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 3 Kauman Tulungagung dengan melibatkan 15 peserta didik. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Teknik deskriptif komparatif yaitu membandingkan ketuntasan hasil tes kemampuan berpikir kritis yang dilihat dari pre-test, siklus I, dan siklus II. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik dari pre-test sebesar 48,67%, pada siklus I meningkat menjadi 67,17% dan pada siklus II meningkat menjadi 75,67%. Model group investigation dapat meningkatkan kemampuan kritis peserta didik pada materi lingkaran.
Copyrights © 2024